Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh, Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan Ayah/Bunda
untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Ayah/Bunda yang hebat-hebat
tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat memberikan pendidikan
yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap
aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan
wabah demam berdarah. Terima kasih.
Kompetensi Dasar |
Materi |
Bahasa Indonesia |
3.1 |
Mencermati gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual (gambar, film) |
Ringkasan |
4.1 |
Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis |
Matematika |
|
3.1 |
Menjelaskan pecahan senilai dengan gambar dan model konkret serta berbagai bentuk pecahan (biasa dan campuran) dan hubungan di antaranya. |
Pecahan |
4.1 |
Mengidentifikasi pecahan senilai dengan gambar dan model konkret serta berbagai bentuk pecahan (biasa dan campuran dan hubungan di antaranya |
Tujuan Pembelajaran
Melalui tayangan video, peserta didik dapat menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan
antar gagasan ke dalam kerangka tulis dengan mandiri. Melalui tayangan video, peserta didik dapat mengurutkan
nilai suatu pecahan dengan penuh tanggung jawab.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali
wajib mendampingi mereka
Bahan/Materi
Gambar dan Video
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak
sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masingmasing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan
ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Anak-anak hebat, kita harus bersyukur atas
keberagaman yang dimiliki bangsa kita. Keberagaman
yang ada tidak menghalangi kita untuk bergotongroyong menyelesaikan suatu permasalahan bersama.
Seperti yang dilakukan warga kampung Babakan yang
bekerja sama membersihkan selokan pada cerita berikut
ini! Nah, anak-anak hebat, kita akan kembali belajar
membuat sebuah ringkasan, simak tayangan berikut
yuk!
Selanjutnya tuliskanlah gagasan pokok dari cerita yang
berjudul “Siap Menghadapi Musim Hujan“ yang
terdapat pada akhir video tersebut kemudian buatlah
ringkasannya!
Gagasan pokok paragraf 1 |
….................................................................... |
Gagasan pokok paragraf 2 |
….................................................................... |
Gagasan pokok paragraf 3 |
….................................................................... |
|
Ringkasan |
…..................................................................... |
…..................................................................... |
…..................................................................... |
…..................................................................... |
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Kegiatan 2
Anak-anak hebat, pada pembelajaran sebelumnya kamu
sudah belajar membandingkan pecahan. Bapak/ibu guru
yakin, kamu sudah dapat membandingkan nilai pecahan
meskipun berbeda penyebutnya, bukan?
Selanjutnya kita akan belajar mengurutkan pecahan. Kita
dapat mengurutkan pecahan dari yang terkecil ataupun
dari yang terbesar. Bagaimana caranya? Untuk lebih
jelasnya simak penjelasan pada video berikut ini!
Nah Anak-anak hebat, mudah bukan? Agar kamu lebih
menguasainya, mari kita kerjakan soal latihan berikut! A. Urutkanlah pecahan berikut ini dari yang terkecil!
B. Urutkanlah pecahan berikut ini dari yang terbesar!
Kerjakanlah pada buku tulismu, kemudian fotokan dan
kirimkan hasilnya kepada bapak/ibu guru ya!
Anak-anak, pembelajaran hari ini telah usai, besok kita
akan belajar yang lebih seru, kita akan membuat sebuah
gitar sederhana, berikut ini tautannya
Pelajari dulu dan persiapkan alat dan bahannya ya! Oh ya,
besok kita akan melaksanakan Penilaian Harian Tema 1
pelajari kembali materi-materi yang sudah pernah kita
bahas ya! Baiklah, sampai jumpa pada pembelajaran
berikutnya. Pasti seru!!! Salam!!!
Gabung dalam percakapan