Assalamu‘alaikum warohmatullahi wabarokatuh,
Selamat pagi, apa kabar Ayah/Bunda? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat. Mohon bimbingan
Ayah/Bunda untuk terus mendampingi ananda dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah.
Ayah/Bunda yang
hebat-hebat tetap semangat mendampingi putra putrinya di rumah, kita sama-sama berjuang untuk dapat
memberikan pendidikan yang menyenangkan bagi anak-anak kita tercinta.
Ayah/Bunda jangan lupa untuk mengingatkan ananda untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan setiap
aktivitas dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah agar terhindar dari penyebaran virus COVID-19 dan
wabah demam berdarah. Terima kasih.
Kompetensi Dasar |
Materi |
Bahasa Indonesia |
|
3.1 |
Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. |
Perkembangbiakkan tumbuhan dalam teks tulis |
4.1 |
Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif |
|
Matematika |
3.1 |
Menjelaskan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3, dan 1/4) yang disajikan pada garis bilangan |
Pembagian bilangan cacah sampai dengan 1000 |
4.1 |
Menggunakan bilangan cacah sampai dengan 1000 dan pecahan sederhana (seperti 1/2, 1/3 , dan 1/4 ) yang disajikan pada garis bilangan. |
SBdP |
3.4 |
Mengenal prosedur teknik potong, lipat, sambung. |
Karya seni mozaik |
4.4 |
Membuat karya dengan teknik potong, lipat, dan sambung |
|
Tujuan Pembelajaran
Setelah menyimak video, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan sesuai dengan cara
berkembangbiaknya dengan tepat; perserta didik dapat menghitung pembagian menggunakan cara berulang dan bersusun
dengan teliti. Peserta didik dapat membuat karya seni mozaik menggunakan bahan alam dengan rapi.
Alat/Media
Whatsapp group (WAG)/Zoom Meeting antara guru, orang tua, dan siswa
Orang tua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua/wali wajib
mendampingi mereka
Bahan/Materi
Video Pembelajaran
Penilaian
(1) Keaktifan partisipasi, (2) Refleksi atas pengetahuan yang diperoleh, (3) Voice note, foto, atau video hasil kerja
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak
sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masingmasing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan
ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Kegiatan 1
Haiii,...
Assalamualaikum, selamat pagi anak-anak hebat
kelas 3.
Semoga selalu sehat, semangat, dan kompak
bersama ayah/bunda di rumah.
Hari ini kita akan mempelajari tentang
perkembangbiakkan tumbuhan, pembagian bilangan
dan membuat karya seni mozaik.
Apakah anak-anak sudah siap?
Klik tautan di bawah ini ya untuk menyimak video
pembelajarannya.
Bagaimana anak-anak, sudah paham kan?
Jika masih belum paham, kalian bisa bertanya
kepada Bapak/Ibu guru atau pendamping belajarmu
di rumah.
Untuk memperkuat pemahaman anak-anak kerjakan
latihan di bawah ini!
1. Beni memetik 18 buah jeruk. Jeruk-jeruk
tersebut dipetik dari dua pohon masing-masing
sama banyak. Berapa jeruk yang Beni petik dari
setiap pohon? .....
2. 52 : 4 = ….
3. 95 : 5 = ….
Kerjakan di buku tulismu ya.
Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk
memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya
kepada Bapak/ibu guru.
Kegiatan 2
Wah, hebat sekali! Kamu sudah bisa menghitung
pembagian bilangan dengan tepat!
Tanaman sama dengan makhluk hidup lainnya
mengalami pertumbuhan. Tanaman pun memiliki
daur hidup dan cara yang berbeda dalam
perkembangbiakan. Ada tanaman yang mengalami
perkembangbiakan secara alami dan juga buatan.
Nah, selanjutnya kalian tuliskan jenis-jenis
tumbuhan sesuai dengan cara berkembangbiaknya
pada tabel di bawah ini dengan memberinya tanda
ceklis (√)!
NO |
Nama Tumbuhan |
Perkembangbiakkan |
Alami |
Buatan |
1 |
Pohon Mangga |
|
|
2 |
Pohon Pisang |
|
|
3 |
Singkong |
|
|
4 |
… |
|
|
5 |
… |
|
|
Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk
memfoto hasil pekerjaanmu dan mengirimkannya
kepada Bapak/Ibu guru.
Sekarang, buatlah pola gambar sesuai dengan
keinginanmu (boleh gambar bunga, hewan dsb)
kemudian tempelkan gambarmu menggunakan
bahan alam apa saja yang kamu miliki di rumah ya
(boleh menggunakan biji-bijian, daun kering, bunga,
atau batang)
Kemudian minta tolong kepada Ayah/bunda untuk
memfoto hasil karyamu dan mengirimkannya kepada
Bapak/Ibu guru.
Anak-anak hebat pembelajaran hari ini sudah selesai,
tetapi anak-anak tidak boleh lupa, besok kita akan
belajar lebih seru lagi. Kalian bisa membaca materi
tersebut pada tautan di bawah ini.
Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada Ayah/bunda
yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah
hari ini! Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah
hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.
Terima kasih, sampai jumpa besok!
#salamsehat
Gabung dalam percakapan