Silabus Aktualisasi Ekstrakurikuler Kepramukaan

Silabus Aktualisasi Ekstrakurikuler Kepramukaan
cover1
Cover Literasi Kesehatan"

Kegiatan aktualisasi

Kegiatan aktualisasi adalah kegiatan pembelajaran di luar kelas yang difungsikan sebagai wahana mengaktualisasikan muatan sikap dan keterampilan KI-1, KI-2, dan KI-4 mata pelajaran yang tidak selesai di kelas dan/atau membutuhkan penguatan di luar kelas dengan menggunakan metode kepramukaan. 

Kegiatan aktualisasi di Sekolah Dasar dikemas dalam kegiatan serupa latihan kepramukaan, bersifat wajib bagi seluruh peserta didik, dilaksanakan selama 120 menit di luar jam pelajaran dalam satu minggu.

Muatan materi kegiatan aktualisasi meliputi muatan materi pelajaran yang tidak selesai di kelas dan/atau membutuhkan penguatan di luar kelas ditambah penumbuhan budi pekerti

Pelaksanaan kegiatan aktualisasi mengikuti urutan berikut:

Upacara Pembukaan Latihan

Upacara pembukaan latihan berisi kegiatan

  1. Pengibaran bendera merah putih;
  2. Penghormatan kepada bendera merah putih;
  3. Pengucapan Pancasila;
  4. Pengucapan Dharma Pramuka;
  5. Pembacaan Doa; dan
  6. Penjelasan teknis kegiatan oleh guru Pembina.

Kegiatan Inti

Berisi materi mata pelajaran yang dikemas melalui teknik kepramukaan.

Teknik kepramukaan yang dapat digunakan sebagai kemasan mata pelajaran antara lain;

  1. Orienteering (penjelajahan, pemetaan, observasi, penaksiran);
  2. Pioneering (konstruksi, tali temali);
  3. Survival (berkemah, memasak, pertolongan pertama, dll);
  4. Komunikasi (sandi, semboyan, isyarat, tanda jejak); dan
  5. Teknik kepramukaan lainnya.

Upacara Penutupan latihan

Upacara penutupan latihan berisi kegiatan;

  1. Penurunan bendera merah putih;
  2. Pembacaan doa; dan
  3. Refleksi/penguatan hasil belajar oleh guru kelas.

Contoh Silabus Aktualisasi Ekstrakurikuler Kepramukaan

Dalam urutan kegiatan di atas dapat diuraikan sebagai berikut:

Upacara pembukaan latihan sebagai wahana penumbuhan budi pekerti, cinta bangsa dan tanah air.

  • Guru sebagai pembina upacara dapat menguatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara dalam amanatnya.
  • Selain itu, guru dapat pula menyampaikan teknis kegiatan belajar yang akan dilaksanakanan selama 120 menit ke depan.
  • Sebagai contoh, guru dapat membelajarkan tentang keanekaragaman hayati melalui aktivitas penjelajahan di sekitar lingkungan sekolah.
  • Penugasan-penugasan dapat dilakukan dengan menggunakan semboyan dan isyarat (sandi, morse, semaphore) pramuka.
  • Aktivitas peserta didik dipandu dengan menggunakan tanda jejak, dan seterusnya.
  • Dalam hal ini, guru disyaratkan mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) untuk mengenal lebih dalam tentang metode dan teknik kepramukaan sebagai alat untuk melaksanakan model aktualisasi.

Upacara penutupan latihan selain sebagai wahana penumbuhan budi pekerti kecintaan terhadap bangsa dan tanah air,

  • juga sebagai kesempatan bagi guru untuk memberikan penguatan, refleksi, dan tindak lanjut dari proses pembelajaran yang dilakukan selama 120 menit.
  • Intinya, model aktualisasi adalah pembelajaran di luar kelas dengan menggunakan metode dan teknik kepramukaan.

Tahapan Menyusun Model Aktualisasi

Untuk menyusun model aktualisasi, berikut tahapan yang perlu dilakukan:

1) Mengidentifikasi KI-KD Mata Pelajaran yang Diaktualisasikan.

  • Guru kelas sebagai koordinator bermusyawarah dengan guru agama dan guru olahraga, untuk mengidentifikasi KI-KD mata pelajaran yang akan disajikan melalui kegiatan aktualisasi.

2) Menyusun Silabus Latihan Aktualisasi

  • Silabus kegiatan aktualisasi disusun sesuai dengan yang berlaku dalam kurikulum 2013.
  • Penyusunan silabus dimulai dengan mengidentifikasi muatan nilai sikap dan keterampilan (KI 1, KI 2, dan KI 4) yang perlu disajikan dalam kegiatan aktualisasi.

3) Menyusun Rencana Membina,

  • Agar aktivitas “latihan” dapat berjalan dengan baik dan lancar, perlu dibuat sebuah perencanaan sebagai rambu-rambu dalam menjalankan model aktualisasi.
  • Tentunya, hal ini juga akan memudahkan guru kelas dalam melakukan persiapan hingga pelaksanaan latihan.
  • Rencana Membina (RM) identik dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) muatan pelajaran. Rencana membina dikembangkan berdasarkan silabus yang telah dibuat sebelumnya.

4) Menyusun Perangkat Evaluasi/Penilaian Model Aktualisasi.

  • Penilaian kegiatan aktualisasi bersifat formal berbentuk penilaian kualitatif.
  • Kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.