Menanamkan Kecintaan Al-Qur'an dan Hadis Sejak Dini: Tujuan Pembelajaran Elemen Al-Qur'an Hadis di Sekolah Dasar Fase A Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka, sebuah angin segar dalam dunia pendidikan Indonesia, membawa perubahan paradigma pembelajaran yang berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Salah satu elemen penting dalam Kurikulum Merdeka adalah Al-Qur'an Hadis, yang bertujuan menanamkan kecintaan dan pemahaman terhadap Al-Qur'an dan Hadis sejak dini pada anak-anak di Sekolah Dasar (SD) Fase A.

Capaian Pembelajaran Elemen Al-Qur'an Hadis di SD Fase A:

    Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 032/H/KR/2024, capaian pembelajaran Elemen Al-Qur'an Hadis di SD Fase A difokuskan pada beberapa aspek fundamental, yaitu

  1. Pengenalan Huruf Hijaiyah dan Harakat: Peserta didik diajarkan mengenal dan melafalkan huruf Hijaiyah dengan benar, beserta harakatnya (fathah, kasrah, dhomah, dan tanwin).
  2. Membaca Huruf Hijaiyah Bersambung: Kemampuan membaca huruf Hijaiyah yang bersambung dengan lancar dan tepat menjadi fokus berikutnya.
  3. Menghafal dan Memahami Surah Al-Fatihah: Surah Al-Fatihah, sebagai surat pembuka Al-Qur'an, dihafal dan dipahami maknanya oleh peserta didik.
  4. Menghafal dan Memahami Beberapa Surah Pendek Al-Qur'an: Selain Surah Al-Fatihah, beberapa surah pendek Al-Qur'an yang mudah dihafal dan dipahami juga diajarkan kepada peserta didik.
  5. Memahami Hadis tentang Kebersihan: Peserta didik diperkenalkan dengan salah satu Hadis tentang kebersihan dan diajarkan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran Elemen Al-Qur'an Hadis di SD Fase A:

Capaian pembelajaran di atas diterjemahkan ke dalam tujuan pembelajaran yang lebih terukur dan jelas, yaitu:

    1. Pengetahuan:

  1. Peserta didik mampu menyebutkan huruf Hijaiyah dan harakatnya dengan benar.
  2. Peserta didik mampu membaca huruf Hijaiyah bersambung dengan lancar.
  3. Peserta didik mampu menghafal dan memahami kandungan Surah Al-Fatihah.
  4. Peserta didik mampu menghafal dan memahami beberapa surah pendek Al-Qur'an.
  5. Peserta didik mampu memahami isi Hadis tentang kebersihan.

    2. Keterampilan:

  1. Peserta didik mampu melafalkan huruf Hijaiyah dan harakatnya dengan tartil.
  2. Peserta didik mampu menghubungkan huruf Hijaiyah bersambung dengan tepat.
  3. Peserta didik mampu membaca Surah Al-Fatihah dengan tartil dan memahami maknanya.
  4. Peserta didik mampu membaca beberapa surah pendek Al-Qur'an dengan tartil dan memahami maknanya.
  5. Peserta didik mampu menjelaskan isi Hadis tentang kebersihan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    3. Sikap:

  1. Peserta didik menunjukkan rasa cinta dan hormat terhadap Al-Qur'an dan Hadis.
  2. Peserta didik menunjukkan kesadaran untuk membaca Al-Qur'an dan memahami maknanya.
  3. Peserta didik menunjukkan kebiasaan menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan tempat ibadah.

Manfaat Mempelajari Elemen Al-Qur'an Hadis di SD Fase A:

    Mempelajari Elemen Al-Qur'an Hadis di SD Fase A memberikan banyak manfaat bagi peserta didik, antara lain:

  1. Membangun fondasi keimanan dan ketaqwaan sejak dini.
  2. Meningkatkan kecintaan terhadap Al-Qur'an dan Hadis.
  3. Memperkaya pengetahuan dan wawasan tentang Islam.
  4. Menumbuhkan akhlak mulia dan karakter yang baik.
  5. Meningkatkan disiplin dan tanggung jawab.
  6. Memperkuat rasa cinta tanah air dan nilai-nilai kebangsaan.

Penutup:

Elemen Al-Qur'an Hadis di SD Fase A Kurikulum Merdeka merupakan langkah penting dalam mewujudkan generasi muda yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia.

Dengan penerapan yang tepat dan dukungan dari semua pihak, diharapkan tujuan pembelajaran Elemen Al-Qur'an Hadis dapat tercapai dan menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berkarakter Islami.

Capaian Pembelajaran

1.Fase A (Umumnya untuk Kelas I dan II SD/MI/Program Paket A)

Pada akhir Fase A, peserta didik mampu memahami cara membaca Al-Qur’an, beberapa surah pendek, hadis tentang kebersihan, rukun iman, beberapa asmaulhusna, akhlak terhadap Allah Swt. dan diri sendiri, rukun Islam, berbagai hal tentang ibadah, dan kisah beberapa nabi dan rasul. Capaian Pembelajaran setiap elemen mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti adalah sebagai berikut.

Elemen Capaian Pembelajaran
Al-Qur'an dan Hadis - Peserta didik memahami huruf hijaiyah berharakat, huruf hijaiyah bersambung, Surah al-Fatihah, beberapa surah pendek Al-Qur'an, dan hadis tentang kebersihan.
- Peserta didik mampu membaca Al-Qur'an dengan tartil dan fasih.
- Peserta didik mampu memahami isi Al-Qur'an dan hadis dengan bimbingan guru.
- Peserta didik mampu mengamalkan isi Al-Qur'an dan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
Akidah - Peserta didik memahami rukun iman, iman kepada Allah Swt., beberapa asmaulhusna, dan iman kepada malaikat.
- Peserta didik mampu meyakini dan mengamalkan rukun iman dengan penuh keyakinan.
- Peserta didik mampu memahami dan menjelaskan asmaulhusna dengan baik.
- Peserta didik mampu memahami dan mengamalkan sifat-sifat Allah Swt. dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik mampu memahami dan meyakini keberadaan malaikat dan fungsinya.
- Peserta didik mampu beribadah kepada Allah Swt. dengan khusyuk dan penuh keyakinan.
Akhlak - Peserta didik memahami akhlak terhadap Allah Swt. dengan mensucikan dan memuji-Nya dan akhlak terhadap diri sendiri.
- Peserta didik mampu mengamalkan akhlak terhadap Allah Swt. dengan penuh ketulusan dan keikhlasan.
- Peserta didik mampu mengamalkan akhlak terhadap diri sendiri dengan penuh tanggung jawab.
- Peserta didik mampu menjaga kebersihan diri, pakaian, dan lingkungan.
Fikih - Peserta didik memahami rukun Islam, syahadatain, tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir, dan berdoa setelah salat.
- Peserta didik mampu melaksanakan rukun Islam dengan benar dan tertib.
- Peserta didik mampu membaca syahadatain dengan tartil dan fasih.
- Peserta didik mampu bersuci dengan benar dan tertib.
- Peserta didik mampu melaksanakan salat fardu dengan benar dan tertib.
- Peserta didik mampu menjawab azan dan ikamah.
- Peserta didik mampu berzikir dan berdoa dengan khusyuk dan penuh keyakinan.
Sejarah Peradaban Islam - Peserta didik memahami kisah beberapa nabi dan rasul.
- Peserta didik mampu menceritakan kisah beberapa nabi dan rasul dengan baik.
- Peserta didik mampu mengambil pelajaran dari kisah beberapa nabi dan rasul.
- Peserta didik mampu meneladani sifat-sifat terpuji para nabi dan rasul.

ATP

Elemen Capaian Pembelajaran Tujuan Pembelajaran Profil Pelajar Pancasila Glosarium Alokasi Waktu
Al-Qur'an Hadis Peserta didik memahami huruf hijaiah berharakat, huruf hijaiah bersambung, Surah al-Fātiḥah, beberapa surah pendek Al-Qur'an, dan hadis tentang kebersihan. 1. Pengetahuan:
* Peserta didik mampu menyebutkan huruf hijaiah dan harakatnya dengan benar.
* Peserta didik mampu membaca huruf hijaiah bersambung dengan lancar.
* Peserta didik mampu menghafal dan memahami kandungan Surah al-Fātiḥah.
* Peserta didik mampu menghafal dan memahami beberapa surah pendek Al-Qur'an.
* Peserta didik mampu memahami isi hadis tentang kebersihan.
2. Keterampilan:
* Peserta didik mampu melafalkan huruf hijaiah dan harakatnya dengan tartil.
* Peserta didik mampu menghubungkan huruf hijaiah bersambung dengan tepat.
* Peserta didik mampu membaca Surah al-Fātiḥah dengan tartil dan memahami maknanya.
* Peserta didik mampu membaca beberapa surah pendek Al-Qur'an dengan tartil dan memahami maknanya.
* Peserta didik mampu menjelaskan isi hadis tentang kebersihan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Sikap:
* Peserta didik menunjukkan rasa cinta dan hormat terhadap Al-Qur'an dan Hadis.
* Peserta didik menunjukkan kesadaran untuk membaca Al-Qur'an dan memahami maknanya.
* Peserta didik menunjukkan kebiasaan menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan tempat ibadah.
1. Beriman, Bertaqwa, dan Berakhlak Mulia:
* Memiliki akhlak mulia dalam berperilaku sesuai dengan ajaran Islam.
* Menunjukkan rasa cinta dan hormat terhadap Al-Qur'an dan Hadis.
* Menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
2. Berkebhinekaan Global:
* Menghargai perbedaan dan keragaman budaya.
* Berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang lain dari berbagai latar belakang.
3. Mendirikan Keadilan dan Kemanusiaan:
* Bertanggung jawab atas tindakan dan perbuatannya.
* Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
4. Kepemimpinan:
* Mempraktikkan kepemimpinan yang adil dan berakhlak mulia.
* Bertanggung jawab dalam memimpin dan mengayomi orang lain.
5. Belajar dan Berinovasi:
* Terus belajar dan mengembangkan diri.
* Berani mengambil risiko dan berinovasi.
1. Al-Qur'an:Kitab suci umat Islam yang berisi firman-firman Allah SWT.
2. Hadis: Perkataan, perbuatan, persetujuan, atau sifat Rasulullah SAW yang dijadikan sumber hukum Islam.
3. Surah al-Fātiḥah: Surah pertama dalam Al-Qur'an yang berisi pujian dan doa kepada Allah SWT.
4. Surah Pendek Al-Qur'an: Surah-surah pendek dalam Al-Qur'an yang mudah dihafal dan dibaca.
5. Tartil: Membaca Al-Qur'an dengan perlahan, jelas, dan memperhatikan makhrajul huruf.
6. Glosarium: Daftar kata-kata beserta penjelasannya.
7. Alokasi Waktu: Durasi waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
36 Jam Pelajaran